Usai Rusuh Wamena, Mendagri Pastikan Pelayanan Pemerintah Berjalan

0
10

Jakarta – Mendagri Tjahjo Kumolo memastikan pelayanan pemerintah di Wamena, Papua, tetap berjalan seusai kerusuhan. Tjahjo juga menyebut, secara prinsip, kondisi di Wamena sudah aman.

“Secara prinsip, kondisi stabilitas nasional dan daerah di Wamena aman. Hari ini Panglima TNI dan Kapolri memastikan ke sana,” kata Tjahjo kepada wartawan di Graha Pengayoman Kemenkum HAM, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

Tjahjo mengatakan tata kelola pemerintahan di Wamena, Papua, juga tetap berjalan meskipun belum maksimal. Dia menyebut pelayanan pemerintah dilakukan sementara di Kodim TNI.

“Kemudian tata kelola pemerintahan, walaupun masih meminjam kantor Kodim, juga pelayanan masyarakat jalan walaupun belum maksimal,” ucap Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo menanggapi soal banyaknya warga pendatang yang mengungsi dari Wamena. Dia memastikan siapa saja boleh tinggal dan hidup di mana pun di Indonesia.

“Saya kira kalau toh warga yang mau kembali ke asalnya dan ada beberapa gubernur yang mau fasilitasi, nggak ada masalah. Apa pun setiap warga negara memiliki hak untuk dia tinggal di mana, mencari nafkah di mana dari Sabang sampai Merauke. Nanti saya kira isu itu, isu warga pendatang sudah tidak ada,” ujar Tjahjo.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan situasi di Wamena sudah berangsur kondusif. Dia bersama Kapolri dan jajaran menteri rencananya akan berkunjung ke Wamena untuk memantau kondisi terkini dan penanganannya.

“Besok, tanggal 7, Menko Polhukam, Panglima, Kapolri, Mensos, Menkes, Kementerian BUMN dan PUPR akan langsung ke lapangan, ke Wamena,” ucap Hadi.