Monday, January 17, 2022
Home Dunia Usai Topan Jebi, Jepang diguncang gempa berkekuatan 6,7 SR

Usai Topan Jebi, Jepang diguncang gempa berkekuatan 6,7 SR

Belum usai penderitaan warga Jepang setelah dihantam topan Jebi di bagian barat Jepang kemarin. Kini bencana alam kembali terjadi, sebuah gempa berkekuatan 6,7 SR melanda pulau Hokkaido di utara Jepang Kamis (6/9) pagi waktu setempat.

Dikutip dari CNN, sedikitnya dua orang dikabarkan tewas ketika gempa menyebabkan tanah longsor dan mengubur sejumlah besar rumah di kaki bukit.

Pejabat dari Kantor Manajemen Krisis Pemerintah Prefektur Hokkaido, Kazuya Isaki menyebutkan, puluhan orang terluka akibat gempa sebagian besar berada di Sapporo dan sekitar 20 orang dinyatakan hilang di Atsuma, wilayah yang dekat dengan pusat gempa.

Lembaga penyiaran publik NHK melaporkan penerbangan dan transportasi umum di seluruh wilayah telah dihentikan akibat gempa.

Gempa yang mengguncang kurang lebih satu menit itu juga menyebabkan listrik padam di hampir 3 juta rumah warga di pulau tersebut. Pejabat perusahaan listrik mengatakan pembangkit listrik utama kehilangan daya usai gempa mengguncang. Kini pasokan energi listrik dibantu oleh generator cadangan.

“Pasokan listrik dihentikan ke pembangkit nuklir Tomari, tetapi bisa beroperasi tanpa pasokan listrik eksternal selama satu minggu,”kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga.

Foto-foto yang beredar menunjukkan retakan besar di jalan dan rumah-rumah.

Perdana Menteri jepang Shinzo Abe telah mengerahkan lebih dari 4.000 pasukan pertahanan untuk membantu operasi penyelamatan. Jumlah itu bisa meningkat menjadi 25.000 jika diperlukan.

Selama musim panas ini, Jepang telah berkali-kali diterjang bencana alam mengerikan. Mulai dari banjir besar, gelombang panas, angin topan dan gempa bumi. [frh]

 

 

Sumber : Merdeka.com

Most Popular

Recent Comments