Sunday, November 28, 2021
Home Jitu News UU Pemilu Disahkan, PDIP: yang WO Boleh Gugat ke MK

UU Pemilu Disahkan, PDIP: yang WO Boleh Gugat ke MK

PDIP menegaskan bahwa pengambilan keputusan RUU Pemilu dalam sidang paripurna adalah sah. Anggota Fraksi PDIP, Aria Bima, juga mempersilakan sejumlah fraksi yang walk out untuk menggugat RUU Pemilu yang disetujui ke Mahkamah Konstitusi.

“Kami perlu mempertegas, tidak ada seorang pun atau satu lembaga pun kecuali MK yang dapat menafsirkan konstitusional atau tidak konstitusionalnya produk UU. Semua yang kita putuskan dalam paripurna konstitusional. Yang melakukan walk out dapat mengajukan judicial review ke MK,” ujar Aria Bima di gedung DPR, Jumat (21/7) dini hari.

Aria Bima menegaskan PDIP dan fraksi lain yang bertahan dalam sidang paripurna menghormati keputusan anggota Fraksi Demokrat, Gerindra, PAN, dan PKS yang walk out. Mereka menolak pengambilan keputusan RUU Pemilu pada hari Kamis, tanggal 20 Juli 2017 hingga dini hari.

“Perlu saya pertegas, tidak ada satu orang pun atau lembaga yang berhak mengatasnamakan konstitusional atau tidak konstitusional, ini cara yang lebih politis. Pengambilan keputusan kita, PDIP dan fraksi lain, kita dalam rangka konstitusional dalam memaknai tugas-tugas kedewanan,” tuturnya.

Sidang paripurna kemudian dipimpin oleh Setya Novanto yang kemudian mengambil keputusan mengesahkan UU Pemilu dengan Presidential Threshold 20 persen.

 

Sumber : UU Pemilu Disahkan, PDIP: yang WO Boleh Gugat ke MK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments