Friday, January 28, 2022
Home KESEHATAN Vagina Kering di Usia Muda? Ini Penyebabnya

Vagina Kering di Usia Muda? Ini Penyebabnya

Bagi wanita menopause, produksi lube pada vagina akan berkurang dengan sendirinya. Diketahui lube adalah berupa lendir yang keluar ketika wanita terangsang atau bergairah.

Lube ini juga akan keluar berupa lendir bening seperti putih telur ketika kamu memasuki masa subur.

Dilansir dari Health Line pada hari Rabu (18/7), sekitar dua pertiga pertiga wanita berusia 60-an tahun mengalami vaginal dryness. Tapi, apa yang terjadi ketika kamu yang masih muda mengalami kekeringan pada vagina?

Ternyata, ada beberapa hal yang menyebabkan perempuan yang masih muda, tak memproduksi cukup lubrikan alami ini.

1. Pengaruh Obat

Kalau kamu menderita suatu penyakit, kemudian mengonsumsi obat, hal ini ternyata juga bisa terjadi. Dilansir dari Health Line, alergi terhadap obat tertentu bisa membuat vagina kering. Dalam hal ini biasanya pada penggunaan obat asma.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormon dalam tubuh juga bisa menjadi biang keladinya. Biasanya, faktor utama terjadinya kekeringan akibat meningkatkan hormon estrogen. Tapi, hal ini akan terjadi ketika kamu memasuki masa menopaus.

Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa cewek mengalami menopaus dini, yaitu di usia yang masih muda. Bisa di umur 30-an tahun, atau bahkan lebih muda lagi.

3. Gara-gara Sabun

Banyak cewek yang membersihkan vagina menggunakan sabun khusus. Namun, sabun yang terlalu keras dan mengandung banyak bahan kimia yang bisa bikin pH vagina nggak seimbang ini juga bisa bikin vagina lebih kering.

Alhasil, mereka merasa nggak nyaman saat berhubungan seksual dengan pasangannya.

Health Line menyarankan, dariapada menggunakan sabun pembersih khusus vagina lebih baik kamu membersihkan vagina dengan air mengalir saja dan sering-seringlah mengganti pakaian dalam.

 

Sumber : Vagina Kering di Usia Muda? Ini Penyebabnya
Vagina Kering di Usia Muda? Ini Penyebabnya
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments