Saturday, October 16, 2021
Home KESEHATAN Wah, Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk?

Wah, Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk?

Salah satu kebiasaan manusia yang tidak dapat ditinggalkan adalah tidur. Tidur merupakan metode istirahat yang paling tepat setelah melakukan sejumlah aktivitas berat seharian.

Tidur juga merupakan fase penting dalam siklus hidup manusia. Seseorang yang kurang tidur pun memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi terserang masalah kesehatan dibandingkan mereka yang tidur secara cukup dan teratur.

Banyak pula yang mengatakan kurangnya waktu tidur juga dapat menyebabkan badan melar, alias gemuk. Apakah Anda percaya dengan pernyataan tersebut? Berikut ini sedikit penjelasan medis terkait hal tersebut.

Peningkatan Hormon

Menurut studi yang dilakukan sejumlah peneliti di Universitas Stanford, seseorang yang tidur di bawah 7 jam akan mengalami kekurangan hormon kortisol dan ghrelin, yang mengakibatkan munculnya rasa lapar yang terus-terusan. Kondisi ini tentu saja akan membuat penderita selalu berkeinginan untuk menyantap makanan tanpa henti, yang ujung-ujungnya hanya akan menambah berat badan.

Bahaya Camilan Malam

Setiap orang yang sedang insomnia maupun bergadang biasanya tidak dapat menghalau keinginannya untuk membuka kulkas. Untuk apa? Tentunya untuk mencari makanan ringan untuk dikonsumsi. Nah, sebagian besar mereka yang mengonsumsi camilan tengah malam pasti akan lebih memilih jenis camilan yang ringan, mudah, praktis, dan tidak ribet. Tentu saja Anda tidak ingin repot memasak di tengah malam? Hal ini membuat Anda akan memilih jenis makanan siap saji yang cepat, padahal jenis makanan ini sangat tidak baik bagi tubuh dan berisiko menambah berat badan Anda.

Terganggunya Metabolisme

Tidur yang kurang tentu saja akan menganggu proses metabolisme. Durasi tidur yang sebentar sangat berpengaruh terhadap proses pembakaran lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh. Semakin rendah durasi tidur Anda, semakin rendah pula tingkat metabolisme tubuh Anda.

Selain pola tidur, Anda juga sebaiknya mulai menjaga pola hidup Anda sehari-hari, dengan rajin berolahraga dan membatasi asupan makanan tidak sehat yang masuk ke tubuh. Dengan melakukan hal tersebut, niscaya tubuh Anda akan terus fit sehat, karena pada dasarnya, berat tubuh ideal akan datang dengan sendirinya jika tubuh Anda sehat.

 

@jitunews http://jitunews.com/read/58654/wah-kurang-tidur-bisa-bikin-gemuk#ixzz4h8Gmd8yx

Sumber : Wah, Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk?
Wah, Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments