Tuesday, November 30, 2021
Home Nasional Walk Out, Gerindra: Itu Kedewasan Berdemokrasi

Walk Out, Gerindra: Itu Kedewasan Berdemokrasi

Ketua DPP Partai Gerindra, Heri Gunawan, menilai bahwa presidential threshold nol persen sesuai dengan konsep demokrasi yang sesungguhnya.

Atas dasar itulah, Fraksi Partai Gerindra memilih aksi walk out dari ruang sidang paripurna yang sedang membahas RUU Pemilu pada hari Jumat, tanggal 20 Juli 2017 malam.

Paripurna sendiri berakhir dengan kemenangan pihak pemerintah yang sejak awal menghendaki adanya ambang batas pemilihan presiden dan wakil yakin sebesar 20 persen.

“Parta Gerindra percaya bahwa pilihan ambang batas presiden nol persen adalah sesuai dengan ketatanegaraan,” tandas Legislator dapil Jabar IV itu saat dihubungi di Jakarta, Jumat (21/7).

Menurut Heri, Partai Gerindra dalam hal ini ingin menjadi parpol yang mendukung putusan lembaga peradilan termasuk Mahkamah Konstitusi.

“Persoalannya adalah apakah kita pantas melakukan voting sesuatu yang jelas bertentangan dengan Pasal 6, ayat (2) UUD 1945. Kami tidak akan melakukan voting untuk pelanggaran konstitusi,” tuturnya.

Anggota Komisi XI DPR RI ini menambahkan bahwa aksi walk out Fraksi Gerindra harus dimaknai sebagai sebuah dinamika agar terwujud sebuah kedewasaan berdemokrasi.

“Ini bukan berbicara kalah dan menang, tetapi akankah kita melakukan penegakan hukum dan menegakkan konstitusi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” pungkasnya.
Sumber : Walk Out, Gerindra: Itu Kedewasan Berdemokrasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments