Wapres AS undang ayah eks tahanan Korut hadiri pembukaan Olimpiade Pyeongchang

0
167

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence berencana mengundang ayah dari Otto Warmbier, pemuda yang ditahan di Korea Utara, untuk menghadiri pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang di Korea Selatan.

“Yang terhormat Fred Warmbier, ayah dari mendiang Otto Warmbier, akan bergabung dengan kita @pyeongchang2018 di Korea Selatan”, cuit Pence di akun Twitternya seperti dilansir laman Channel News Asia, Selasa (6/2).

“Dia dan istrinya akan mengingatkan kepada dunia tentang kekejaman yang terjadi di Korea Utara,” tulisnya. “Kita berjanji akan mengenang Otto sebagai pejuang Amerika”.

Warmbier dituduh mencuri poster propaganda di hotel tempatnya menginap saat berlibur di negara komunis pada 2016 lalu. Mahasiswa asal Amerika Serikat itu dihukum 15 tahun kerja paksa, sebelum akhirnya dipulangkan ke negaranya yang kemudian jatuh koma dan meninggal dunia.

Pihak AS pun menuduh pemerintahan Kim Jong Un telah menyiksa pemuda berusia 22 tahun itu hingga mengalami tekanan berat.

Pence dijadwalkan akan mengunjungi Alaska, Tokyo dan Seoul sebelum menghadiri pembukaan di Pyeongchang Jumat mendatang. Tekanan dilakukan Washington kepada Pyongyang untuk mencegah uji coba rudal balistik milik Korea Utara. [frh]

 

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/wapres-as-undang-ayah-eks-tahanan-korut-hadiri-pembukaan-olimpiade-pyeongchang.html

Comments

comments