Monday, August 2, 2021
Home Nasional Warga Papua: Jokowi Idola Kami, Dia Merakyat!

Warga Papua: Jokowi Idola Kami, Dia Merakyat!

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Provinsi Papua sejak hari Rabu (11/4) menyisakan kebanggaan tersendiri bagi warga Papua, khususnya Kabupaten Asmat. Ini memang bukan kali pertama Jokowi datang ke Papua.

Saat mengunjungi Kabupaten Asmat, sambutan meriah warga Asmat diterima Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Bagi warga Asmat, keberanian Jokowi mengunjungi Asmat adalah hal yang patut dibanggakan.

“Pertama-tama terima kasih untuk bapak Presiden  sudah kunjungi kabupaten kami, Kabupaten Asmat. Sangat bahagia sekali pertama kali bapak Presiden datang ke sini dan ini sungguh luar biasa buat saya sebagai perempuan Asmat,” kata seorang warga Asmat.

Warga lainnya juga menyatakan hal yang senada. Dia berkesan, Presiden Joko Widodo adalah seorang pemimpin yang merakyat. Dia menyebut Jokowi sebagai idola orang Asmat.

“Seorang Presiden, Kepala Negara bisa datang ke Asmat yang keadaanya sangat terbatas, tapi begitu hebat seorang bung Insinyur Haji Joko Widodo sebagai Presiden RI yang ke tujuh, dia itu memang benar-benar menjadi idola kami orang Asmat lebih khusus Jokowi satu pribadi yang memang benar-benar merakyat, dia sangat merakyat,” terangnya.

Agenda Jokowi ke Papua adalah untuk meninjau jembatan Holtekamp yang panjangnya 732 meter yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Provinsi Papua.

Selain itu, Jokowi juga mengunjungi Kabupaten Asmat untuk meninjau perkembangan di Asmat pasca kejadian luar biasa (KLB) campak dan gizi buruk. Di Jayapura, Jokowi juga sempat blusukan ke pasar Mama-Mama di Kota Jayapura.

Tinjau Holtekamp

Jembatan Holtekamp adalah jembatan dengan panjang 732 meter yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Provinsi Papua.

Pembangunan jembatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membongkar keterisolasian beberapa wilayah di Papua, seperti yang selama ini kerap dianggap sebagai biang ketertinggalan wilayah Papua.

Bagi Jokowi, meretas keterisolasian harus dilakukan dengan pembangunan infrastruktur yang dapat mempercepat konektivitas antarwilayah di Papua.

Blusukan ke Pasar Mama-Mama

Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi juga menyambangi pasar Mama-Mama Kota Jayapura pada hari Rabu (11/4) petang. Di sana, selain berbelanja, Jokowi juga berdialog dengan para pedagang. Jokowi juga memantau pembangunan pasar, fasilitas yang ada di pasar dan kebersihan lingkungan pasar.

Antusiasme para pedagang dan para pengunjung pasar Mama-Mama membuat Jokowi cukup lama berdialog dengan mereka. Di pasar itu, Jokowi membeli beberapa jenis sayuran seperti tomat, cabai, dan keladi. Presiden juga membeli sebotol madu. Terakhir, Presiden membeli ubi jalar.

Mendatangi Asmat

Jokowi menyempatkan diri untuk berkunjung ke Asmat. Tujuannya adalah untuk memeriksa kondisi di Asmat pasca diterpa bencana kejadian luar biasa (KLB) campak dan gizi buruk beberapa waktu lalu.

Dari hasil kunjungannya, Jokowi menilai, pembangunan yang tengah dilakukan di Kabupaten Asmat, pasca kejadian luar biasa (KLB) campak dan gizi buruk berjalan dengan baik.

Jokowi juga menilai, pembangunan air bersih, sanitasi, jembatan, perbaikan jalan kampung, bedah rumah, dan pembangunan permukiman baru terlihat baik.

“Saya lihat tadi semuanya, semuanya berjalan dengan baik. Kita juga membangun tampungan untuk air baku ada sembilan yang lima di Agats dan yang empat dibangun di distrik-distrik yang ada,” ujar Jokowi pada hari Kamis (12/4).

 

Sumber : http://www.jitunews.com/read/78087/warga-papua-jokowi-idola-kami-dia-merakyat?halaman=3

Most Popular

Recent Comments