Sunday, November 28, 2021
Home Nasional Wejangan Puan Maharani untuk Peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017

Wejangan Puan Maharani untuk Peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Indonesia, Puan Maharani, memberikan pembekalan dan memimpin upacara pelepasan seluruh peserta Ekspedisi NKRI koridor Papua bagian Selatan tahun 2017 di lapangan hitam Pusdik Kopassus, Batujajar pada hari Jumat, tanggal 21 Juli 2017.

Ekspedisi tersebut merupakan penyelenggaraan yang ke-7. Puncak acara Ekspedisi NKRI Koridor Papua bagian Selatan ini akan berlangsung pada tanggal 28 Oktober 2017 di Marauke.

Puan menjelaskan bahwa Ekspedisi NKRI ke depan lebih difokuskan pada pembinaan generasi muda untuk memiliki rasa kebangsaan yang tinggi yang dapat dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan outbond, survival, dan kegiatan pembinaan lainnya.

Ekspedisi NKRI kali ini melibatkan 1.180 peserta dari berbagai kalangan, khususnya generasi muda, dengan jumlah yang diberangkatkan dari Jakarta sebesar 574 peserta dan 606 akan direkrut di sekitar Papua. Sejumlah 311 orang merupakan mahasiswa dari 103 Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Tentu saja ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi para peserta untuk menjelajahi negeri, melihat langsung kebesaran Nusantara, memaknai keragaman yang ada, dan mempelajari dalam kebersamaan Indonesia,” ujar Puan dalam sambutannya.

Ia pun berharap para mahasiswa ini dapat menjadi agen perubahan cara berpikir, cara bekerja, dan cara hidup yang dapat membangun masyarakat ke arah yang lebih baik. Selain itu, dengan adanya Ekspedisi NKRI ini, akan didapat pula temuan alam maupun budaya baru yang nantinya dapat dikembangkan untuk kemajuan hidup bangsa dan negara.

“Saya atas nama Pemerintah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Panglima TNI, Kapolri, Kepala Staf Angkatan, Komandan Jenderal Kopassus, semua Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, BUMN/dunia usaha, tokoh masyarakat, media dan seluruh pendukung yang telah bergotong royong menyiapkan pelaksanaan kegiatan dan mendukung penuh ekspedisi NKRI,” kata Puan.

Puan kemudian berpesan kepada para peserta Ekspedisi NKRI untuk melaksanakan semua kegiatan ekspedisi ini sebaik-baiknya. Meski harus total dalam menjalankan tugas, Puan mengimbau untuk tetap mengutamakan keselamatan kerja.

“Selamat jalan, selamat melaksanakan Ekspedisi NKRI. Sampaikan salam saya kepada Saudara-Saudara kita di daerah. Sampai jumpa di Merauke tanggal 28 Oktober 2017 yang akan datang. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, memberikan rahmat dan bimbingan-Nya kepada kita semua,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Puan juga menyerahkan bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebanyak 331 unit rumah di Bandung Barat, dengan simbolis penerima bantuan 6 orang, terdapat pula penerima PKH Kabupaten Bandung Barat sebanyak 52.897 KPM dengan simbolis 5 orang.

Hadir dalam acara tersebut, Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus, Perwakilan Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat, Pejabat Eselon I Kementerian/Lembaga, Gubernur Papua, Bupati Bandung Barat, Bupati Papua Bagian Selatan, Bupati Asmat, Rektor Perguruan Tinggi, dan para Pejabat TNI serta Polri.

 

 

 

Sumber : Wejangan Puan Maharani untuk Peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017
Wejangan Puan Maharani untuk Peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments