Saturday, July 31, 2021
Home Nasional Wilayah di Jatim yang Dinilai Rawan dalam Pilkada Serentak

Wilayah di Jatim yang Dinilai Rawan dalam Pilkada Serentak

Polda Jatim memetakan lima daerah memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi dalam Pilkada Serentak 2018. Dari lima daerah, tiga di antaranya Madura dan dua di kawasan Tapal Kuda.

“Kita di Jawa Timur memiliki lima kerawanan wilayah daerah yang harus kita waspadai. 11 Indikator sudah memenuhi syarat untuk kerawanan lima wilayah ini, yaitu Madura meliputi Bangkalan, Pamekasan dan Sampang. Kemudian (Daerah Tapal Kuda meliputi) Bondowoso dan Probolinggo,” terang Wakapolda Jatim Brigjend Pol Widodo Eko Prihastopo, usai melakukan pengecekan persiapan pengamanan Pilkada Serentak di Jember, Selasa (26/6/2018).

Polda Jatim, lanjut Wakapolda, memberikan perhatian khusus terhadap lima wilayah yang dinilai rawan. Bahkan sejumlah petinggi Polda Jatim turun langsung untuk mengecek persiapan pengamanan di lima wilayah itu.

“Karena itu bersamaan ini juga bapak Kapolda bersama bapak Pangdam sedang turun ke wilayah Madura. Kemudian Tapal Kuda ini, untuk mengecek secara langsung kesiapan masing-masing kesatuan wilayah, para Kapolres dan jajarannya, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan pengamanan pilkada ini telah dilaksanakan,” urai Widodo.

Untuk pengamanan Pilkada Serentak di Jawa Timur, sekitar 53 ribu personel akan diterjunkan. Jumlah tersebut termasuk personel TNI dan Linmas.

“Untuk pengamanan, Polri, TNI dan Linmas itu kurang lebih 53 ribu personel. Dari jumlah itu, 27 ribu merupakan personel Polri,” jelas Widodo.

Polda Jatim juga melakukan penambahan personel di lima wilayah yang dinilai rawan.

“Dengan kita sudah memploting lima wilayah rawan itu berarti itu kan gambarnya merah, berarti harus kita amankan. Kita turunkan langsung, kita penebalan di sana. Ini sudah seting semua,” tegas Widodo.

Selain melakukan koordinasi dengan Polres Jember, wakapolda didampingi sejumlah petinggi Polda Jatim juga mengecek langsung kesiapan pengamanan di sejumlah TPS yang ada di Jember.
(fat/fat)

 

 

 

Most Popular

Recent Comments