WNA Di Tempat Wisata Telukdalam Nias, Periksa Suhu Tubuh

0
30

Nias, Harmoni Media — Walaupun Indonesia saat ini telah dilanda merebaknya Virus Corona atau Covid-19, namun nampaknya tak mempengaruhi para pengunjung wisata dari mancanegara. Dari pantauan redaksi harmonimedia.com, di beberapa tempat wisata di Telukdalam Nias Selatan, masih nampak ramai dikunjungi oleh turis Warga Negara Asing (WNA).

Berdasarkan hal tersebut, sebagai langkah preventive merebaknya penularan Covid-19 di Kabupaten Nias Selatan, Lanas Nias bersama Pemda Nias Selatan tetap gencar melaksanakan sosialisasi. Seperti dilakukannya sosialisasi dan pemeriksaan terhadap beberapa Warga Negara Asing yang sedang kunjungan wisata di Telukdalam, Nias Selatan, pada Kamis (19/3) kemarin.

Bertempat di Masjid Jami Aljihad Lagundri dan Kantor Camat Luahagundre, kegiatan sosialisasi dimulai dengan memberi pengarahan tentang tata cara penggunaan obat anti septik dan penggunaan masker yang benar.

“Selain itu dilaksanakan juga pemeriksaan suhu tubuh terhadap penumpang Ferry Wira Ono Niha di Pelabuhan Baru dan WNA yang sedang melakukan kunjungan wisata dibeberapa tempat wisata di Telukdalam Kabupaten Nias Selatan,” ujar Pasintel Lanal Nias Mayor Laut (T) Rudi Taufik.

Adapun WNA yang diperiksa saat sosialisasi berlangsung diantaranya WNA Australia (1 orang) dan Prancis (1 orang) di Hasd And Family Sorake Beach, WNA Jepang (2 orang) di Hotel Frety, WNA New Zealand (1 orang) di Home Stay Troy Sorake Beach, WNA Inggris (2 orang), Maroko (1 orang), dan Spanyol (1 orang) di Central Baloho Beach.

“Dari hasil pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermal scanner terhadap 9 WNA dan penumpang Fery di Pelabuhan Baru Telukdalam Nias Selatan, tidak ditemukan adanya indikasi terjangkit Covid-19, dimana rata-rata suhu tubuh saat diperiksa antara 35° sampai dengan 36,5° C,” tambah Rudi Taufik.

Selain Pasintel Lanal Nias Mayor Laut (T) Rudi Taufik, sosialisasi tersebut juga diikuti oleh Kepala Balai Kesehatan Lanal Nias Letda Laut (K) dr. Prabowo, Prajurit Lanal Nias, Camat Nias Selatan Ibu Rosmanis Dachi, dan Tim Puskesmas Luahagundre.

(idj/idj)