Yuk Intip Tips Mengolah Puding untuk Camilan Buka Puasa

0
442

Puding merupakan salah satu hidangan penutup yang selalu menjadi primadona karena bentuk dan warnanya sangat menarik. Dengan cita rasa manisnya yang khas, puding juga menjadi salah satu hidangan yang pas untuk disajikan saat berbuka puasa. Daripada membeli di luar, Anda juga bisa loh membuat seporsi puding yang lezat dan menggoda. Jika takut gagal, yuk simak tips mengolah dan menyimpan puding.

Basahi cetakan atau loyang dengan air terlebih dahulu supaya puding dapat dengan mudah dikeluarkan. Untuk menghasilkan puding yang mengeras dengan baik dan sempurna, satu bungkus agar-agar (7-10 gram) membutuhkan cairan sebanyak 750 ml dan jika cairan yang digunakan mengandung asam, takaran cairan yang digunakan adalah 500 ml.

Bila puding menggunakan bahan pengental seperti tepung maizena dan custard powder, sebaiknya tepung dilarutkan terlebih dahulu dengan sedikit susu atau air, agar tepung tidak menggumpal.

Apabila Anda hendak membuat puding buah berlapis, caranya atur buah-buahan di dasar cetakan yang telah dibasahi air, lalu tuang larutan puding sedikit demi sedikit agar buah-buahan tidak terangkat ke atas. Kemudian tuangkan lapisan berikutnya setelah permukaan lapisan pertama mulai mengeras.

Bila puding yang kita buat menggunakan cairan susu, krim, atau santan, sebaiknya setelah dingin langsung dimasukkan ke dalam lemari pendingin karena bahan yang mengandung lemak tinggi cepat basi. Pasalnya, mikroorganisme yang terkandung di dalamnya sangat mudah aktif membuat puding hanya mampu bertahan selama 2-3 hari di dalam lemari pendingin.

 

Sumber : Yuk Intip Tips Mengolah Puding untuk Camilan Buka Puasa
Yuk Intip Tips Mengolah Puding untuk Camilan Buka Puasa
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here